Selasa, 19 April 2011

Takan pernah punah

gambar di ambil dari: sini
Pagi hari, salah seorang tetangga ku menawarkan sebuah makanan berbalut daun pisang yang terbuat dari singkong yang di campur gula merah yang di kukus. Apa yah nama mkanan nya, gue juga kurang tau. Tapi dulu beberapa kali ibu ku juga pernah bikin makan ini yang seperti ini [ Ibu gue orang sunda bikin makanan khas jawa, yah lumayan lah rasanya ]. Makanan tradisional khas jawa kalo ga salah masih sodara dekat dengan makanan yang namanya tiwul "katanya". 

Nah kalo tiwul itu bentuknya kaya nasi, tapi bahan dasarnya sama yaitu terbuat dari singkong dan teksturnya aga kenyal-kenyal gitu dech kalo dimakan, soalnya dalam peroses pembuatan nya singkong nya di tubuk dulu baru kemudian di jemur.  Sotoy banget udah kaya Pak Bondan aja yah gue..hehhe. Eh tapi jangan salah loh d semasa kecil nya Alm Pak Harto dulu sukanya makanan tiwul juga, hebat kan orang yang suka makan tiwul aja bisa jadi President. Ini makanan bersejarah banget berarti yah. Nah jadi buat ade-ade yang punya cita-cita pengen jadi President jangan lupa harus suka makan tiwul ya....


“Masih anget neh Bu” celoteh sang Ibu itu ketika ia menawarkan kepada ibu ku. Tak lama kemudian langsung dech gue embat tampa ragu. Sambil gue melahap makan itu gue sempet nyeletuk “wah makanan kaya gini gak bakalan bertahan lama, beberapa tahun mendatang juga bakalan punah" Dan Ibu ku ga mau kalah eh langsung ia ngomong "selama masih ada orang jawa dibumi ini makanan kaya gini gak bakalan punah". Langsung gue mikir, bener juga yah..heheh

Sedahsayat atau secepat apa pun jaman ini bergerak menembus ruang dan di mensi waktu, kalau manusia didalamnya mampu mencintai dan menjaga setiap nilai-nilai budaya yang ada, entah itu kuliner, bahasa, kesenian dan apapun itu, niscaya ia tetap ada dan terplihara, tak lekang oleh waktu. Ah Kalo bukan kita yang menjaga dan tetap melestarikannya siapa lagi.

Selamat pagi semua. semoga hal sederhana ini bisa mengipirasi..
eh udah siang ding..heheh

wasalam..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar